Minggu, 12 Februari 2017

Cara Mencetak Foto Untuk Hasil Terbaik Dengan Kualitas Tinggi

Bedah Printer - Tips mencetak foto dengan kualitas tinggi merupakan hal dasar yang penting untuk kamu ketahui ketika mengharapkan hasil cetakan foto yang sempurna dan bagus. Bagi para pemula sering kali melakukan kesalahan dalam mencetak foto, seperti pemilihan kertas yang kurang tepat, pewarnaan yang tidak sesuai, ukuran yang salah, pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang, settingan printer yang kurang tepat, dan lain-lain.

Selain itu, tips mencetak foto dengan kualitas terbaik menggunakan printer dapat membantu kamu ketika membutuhkan pas foto mendadak, sehingga kamu tidak perlu kepercetakan atau foto studio. Pastinya akan lebih murah, mudah dan hasilnya akan tetap berkualitas. Kamu dapat mengetahui tips mencetak foto dengan kualitas tinggi pada artikel ini. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mencetak Foto Untuk Hasil Terbaik Dengan Kualitas Tinggi

Cara Mencetak Foto Untuk Hasil Terbaik Dengan Kualitas Tinggi

  1. Gunakan Kertas Foto Sesuai Kebutuhan Kamu : Pada umumnya mencetak foto menggunakan kertas Glossy, karena memang jenis kertas ini memiliki sifat mengkilat, dan hasil cetakannya tajam serta detailnya lengkap. Saat ini kertas Glossy banyak tersedia di toko komputer atau kamu bisa membelinya dengan cara online. Biasanya, Harga kertas Glossy Rp. 20.000,00 per 1 pak-nya, tergantung dari kualitas kertas tersebut.
  2. Setting Warna Pada Monitor dan Printer : Untuk mendapatkan warna serta tingkat kecerahan yang bagus dan tepat, maka kamu harus melakukan setting kalibrasi warna antara monitor komputer dan printer. Tujuannya yaitu agar foto yang terlihat di layar monitor komputer dengan hasil cetaknya tidak berbeda baik warna maupun tingkat kecerahannya.
  3. Gunakan Resolusi Gambar Maksimum : Untuk menjaga kualitas ketajaman foto sebaiknya kamu menyiapkan dan mencetak foto dengan resolusi maksimum atau setidaknya 300 ppi pada ukuran aktual, dan pengaturan resolusi ini harus kamu mulai saat setting awal kamera.
  4. Format Gambar : Pada umunya menyimpan foto dengan format JPEG. Namun, untuk menghasilkan kualitas cetak yang tinggi kamu bisa menggunakan format TIFF. Ukuran format TIFF memang cukup besar, namun seimbang dengan kualitas gambar.
  5. Edit Foto : Berbagai software bisa kamu gunakan untuk mengedit foto seperti Photosop, Photoscape, Corel draw dan lain-lain. Kamu bisa mengatur foto sesuai keinginan seperti lighting, warnanya, contrast, curves, shadow, latar dan lain-lain. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan hasil cetak foto yang buram atau tidak sesuai harapan.
  6. Setting Printer : Langkah terakhir adalah langkah yang paling menentukan untuk menghasilkan cetakan foto dengan kualitas tinggi, yaitu lakukan pengaturan pada printer sebelum proses mencetak foto. Cara adalah dengan meng-klik opsi Print > Klik Propertis > Pilih Tab Quick Setup > lalu Photo printing (jika kamu menggunakan printer epson pilih glossy foto) > Atur kertas yang ingin kamu gunakan seperti A4 > Klik OK dan terakhir kembali klik OK. Maka printer pun mulai proses mencetak dan tunggu hingga selesai. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat pada gambar di atas!

Itulah cara mencetak foto untuk hasil terbaik dengan kualitas tinggi, saya rasa artikel ini bisa membantu kamu dalam usaha mendapatkan foto berkualitas karya sendiri. Salam sukses!

Baca juga : Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Mencetak (Dokumen, Foto dan Gambar)

Artikel Terkait