Sabtu, 18 Februari 2017

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon, Hp, dan Epson Yang Putus-putus

Bedah Printer - Sebuah pertanyaan muncul dari seorang sahabat. Bagaiman cara mengatasi hasil cetakan printer yang putus-putus? Masalah printer mencetak bergaris putus-putus kerap kita temui pada printer yang sudah lama tidak dipakai atau printer yang terlalu sering digunakan.

Printer dengan masalah tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Resiko beratnya adalah sobat harus mengganti cartridge. Tentu hal tersebut akan sangat menguras kantong sobat bukan? Oleh karena itu, penting kiranya mengetahui penyebab dan cara mengatasi hasil cetak putus-putus pada printer sobat.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon, Hp, dan Epson Yang Putus-putus

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon, Hp, dan Epson Yang Putus-putus

Berikut beberapa penyebab printer menghasilkan cetakan putus-putus dan cara mengatasinya :
  1. Tersumbatnya head cartridge
    Biasanya hal ini terjadi karena printer dibiarkan menganggur terlalu lama (tidak mencetak) sehingga tinta menggumpal pada bagian head cartridge, debu atau kotoran yang masuk ke tabung infus sehingga bercampur dengan tinta sehinggan head cartridge tersumbat. Cara mentasinya yaitu dengan membersihkan head cartridge dengan tisue atau rendam dengan air panas.
  2. Encoder kotor
    Sering sekali encoder (pita berwarna putih bening panjangnya kira-kira 25 – 30 cm) yang kotor menjadi faktor penyebab hasil cetak putus-putus. Umumnya encoder kotor terkena percikan tinta karena printer terlalu sering digunakan mencetak. Cara mengatasinya bersihkan bagian encoder yang ada di belakang cartridge dengan tisue halus secara hati-hati dan menyeluruh.
  3. Selang infus masuk angin
    Masuk angin pada selang infus dapat menyebakan supply aliran tinta dari tabung infus ke cartridge tidak lancar sehingga hasil cetakan printer tidak sempurna seperti bergaris atau putus-putus. Ciri printer infus masuk angin yaitu adanya rongga udara di selang infus. Cara mengatasinya lepaskan L-knee dari cartridge lalu sambungkan dengan selang yang sudah terpasang pada sebuah suntikan kemudian kamu sedot hingga bagian rongga udara pada selang infus hilang. Atau menggunakan toolkit penyedot cartridge.
  4. Bersihkan bagian cetak (head cleaning)
    Head cleaning perlu kamu lakukan untuk membersihkan sebagian tinta pada cartridge agar hasil cetak lebih sempurna atau bagus.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi hasil cetak printer canon, hp, dan epson yang putus-putus. Jika cartridge printer kamu sudah kadaluarsa sebaiknya ganti dengan yang baru agar hasil cetaknya lebih bagus.

Baca juga :
Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon Garis Yang Tidak Lurus
Cara Mencetak Foto Untuk Hasil Terbaik Dengan Kualitas Tinggi
Cara Memasang Damper Ciss Pada Printer Infus

Artikel Terkait