Jumat, 10 Februari 2017

Cara Menghentikan Printer Saat Dalam Proses Mencetak

Bedah Printer - Terkadang kita harus menghentikan proses cetak yang sedang berlangsung pada mesin cetak. Berbagai alasan dapat menjadi penyebab kita terpaksa menyetop proses printing tersebut, seperti ada kesalahan pemilihan file, gambar, foto atau dokumen yang akan kita cetak, salah setting jumlah lembar yang akan kita cetak, salah ukuran, salah edit dan lain-lain. Lalu bagaimana cara menghentikan printer saat dalam proses mencetak?

Mengetahui secara benar tentang cara menghentikan printer saat dalam proses mencetak sangat penting. Karena tidak sedikit orang yang melakukannya dengan cara yang salah sehingga dapat berakibat pada kerusakan printer atau pada salah satu perangkat printer.

Cara-cara salah itu diantaranya mencabut kabel power printer secara langsung, mematikan tombol power saat proses cetak berlangsung dan menarik kertas yang sudah masuk area cetak printer.

Cara Menghentikan Printer Saat Dalam Proses Mencetak

Cara Menghentikan Printer Saat Dalam Proses Mencetak

Apabila proses pengiriman dokumen ke printer masih berlangsung maka kita bisa menghentikannya dengan cara menekan tombol escape (Esc) di keyboard atau langsung klik saja tanda x (pada progres) yang muncul di bagian bawah status bar.

Namun, jika proses pengiriman dokumen sudah selesai dan proses pencetakan sedang berlangsung kita dapat melakukan penghentian proses cetak dengan cara berikut ini:
  1. Jika memang perlu ambilah tumpukan kertas kosong yang belum masuk pada area cetak printer. Pada sebagian printer jika terjadi kehabisan kertas, maka secara otomatis akan muncul kotak dialog untuk memasukan kertas. Kamu klik Cancel untuk membatalkan proses cetak.
  2. Jika tidak muncul maka kamu masih bisa menghentikan proses cetak dengan cara tap cancel secara manual. Cara ini saya lakukan pada PC komputer dengan sistem operasi Windows 7 : Klik Menu Star > Devices and Printers > kemudian klik kanan pada printer yang kamu gunakan > lalu klik item See what’s printing.
  3. Sesudah kotak printing terbuka, kamu dapat menghentikan semua proses cetak yang sedang berjalan dengan memilih perintah Cancel setelah klik kanan pada antrian printer yang akan kamu hentikan. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat gambar di atas!

Tambahan: Bagi kamu yang menggunakan printer canon pixma iP2770, bisa menghentikan printer saat dalam proses mencetak dengan mudah. Untuk lebih jelasnya bisa kamu saksikan lewat video berikut ini:


So itulah cara mengehentikan printer saat dalam proses mencetak, cara di atas berlaku juga untuk semua jenis merk printer. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Baca juga :
Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Mencetak
5 Printer Canon Terbaik Harga Murah Dibawah 1 Juta

Artikel Terkait