Selasa, 11 April 2017

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terbaca

Bedah Printer - Cartridge canon tidak terbaca atau tidak terdeteksi memang menjadi masalah yang paling membingungkan untuk penggunanya. Soalnya, meskipun Anda telah memerintahkan mesin pencetak untuk melakukan print, ternyata printer hanya terdiam dan tidak ada ciri-ciri untuk mencetak. Di samping itu, masalah ini disebabkan oleh banyak faktor. Seperti cartridge yang kotor, mampet, isi tinta terlalu penuh, hingga yang paling parah cartridge telah rusak.

Adapun ciri dari cartridge canon yang tidak terdeteksi, biasanya akan muncul pesan peringatan pada tampilan layar monitor yang berupa tanda seru tepat di atas cartridge, mirip dengan tanda tinta telah habis yang meminta Anda untuk mengisi ulang tinta.

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Tidak Terbaca


Jika pesan peringatan cartridge canon yang tidak terbaca muncul pada printer yang Anda gunakan, maka dengan mereset ulang printer secara manual biasanya printer akan normal kembali. Namun, jika cartridge canon tidak terdeteksi masih berlanjut, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini.

Tahap 1 : Cartridge Minta di Reset

Hal ini biasanya disebabkan oleh printer yang tidak dapat mendeteksi indikator atau jumlah tinta yang ada di dalam cartridge, sehingga printer menganggap kapasitas tinta telah habis dan menyebabkan printer tidak bisa terbaca dan tidak dapat mencetak dokumen apapun.

Maka, yang harus Anda lakukan adalah secepatnya mereset ulang printer baik itu secara manual ataupun otomatis. Lihat pula cara mereset printer canon.

Tahap 2 : Chip Head Pada Cartridge Kotor

Chip head merupakan komponen paling penting untuk sebuah printer, maka sudah sepantasnya Anda menjaga kebersihan chip head, terutama saat melakukan isi ulang tinta.

Awas! Jangan sampai tinta meleber mengenai chip head pada cartridge atau pun chip head di bagian dudukan cartridge yang bisa menyebabkan cartridge tidak terbaca. Jika hal ini terjadi, sebaiknya bersihkan dengan tissue kering.

Tahap 3 : Cartridge Yang Rusak

Jika cartridge canon tidak terbaca masih berlanjut, kemungkinan besar cartridge telah rusak. Maka untuk mengatasinya adalah mengganti dengan cartridge baru, Anda bisa membelinya di toko komputer ataupun melalui online di internet. Supaya cartridge awet dan tahan lama alias tidak mudah rusak, maka hindari mencetak dokumen yang terlalu banyak dalam sekali cetak.

Proses cara memperbaiki cartridge canon yang tidak terbaca telah selesai, jika ini tidak menyelesaikan masalah, Anda bisa menuliskan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Memperbaiki Cartridge Canon Yang Mampet

Artikel Terkait