Senin, 15 Mei 2017

5 Penyebab dan Solusi Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus

Bagi anda yang mempunyai printer mungkin pernah mengalami hal ini, yaitu Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus sehingga sangat menyebalkan apalagi data yang akan anda cetak sangat penting untuk pekerjaan anda. Akan tetapi, Hasil cetak yang bergaris dan putus-putus memang bisa saja terjadi pada printer karena mengalami sebuah trouble kecil atau malah sangat fatal dan biasa terjadi pada Printer merek Epson, Canon , Hp , dan lainnya.

Jika anda bertanya kenapa Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus maka jawaban simplenya adalah anda terlalu sering menggunakan printer atau bahkan printer anda telah lama tidak terpakai sehingga hasilnya akan seperti kasus diatas.walaupun begitu kamia kan sedikit membahas 5 penyebab hasil cetakan bergaris dan terputus secara detail supaya anda lebih paham dengan kondisi printer milik anda, juga solusi memperbaikinya jika alami hal diatas.

Sebenarnya jika masih bisa ditangani Hasil Cetak Printer Bergaris dan Hasil Cetak Printer terputus-putus bisa dilakukan dengan metode sederhana akan tetapi jika memang sudah terlalu fatal maka solusi terakhir adalah membeli catridge terbarunya. Akan tetapi, jika membeli catridge hal ini pastinya akan memberatkan bagi anda. 

Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus
Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus

 Supaya tidak penasaran dan anda lebih paham dengan penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus kami dari bedah printer akan sedikit membahasnya pada artikel kali ini.


1.Head Catridge Tersumbat
Masalah ini terjadi diakibatkan anda membiarkan rinter tidak lakukan cetak sehingga tinta kan menggumpal pada bagian head catridge, tabung infus yang juga kurang terjaga akan kebersihan bisa membuat head catridge bermasalah.
 
Solusinya:
- Silahkan anda bersihkan dengan cara halus pada bagian head dengan menggunakan tisu
- Merendam catridge Dengan air hangat ( Kurang kami rekomendasikan )
- Apabila perlu silahkan anda catridge ke service terdekat

2. Timing Strip atau Encoder Kotor dan Terkena Tinta .
Timing Strip atau Encoder printer bisa mengakibatkan hasil cetak tidak baik hal ini dikarenakan akibat seringnya printer digunakan sehingga ada hasil cetak yang nyangkut dan mengakibatkan encoder jadi terkena tinta maupun kotoran . hal tersebut mengakibatkan encoder susah terbaca oleh mesin catridge .
 
Solusinya:
- Anda tinggal membersihkan Encoder yang ada di bagian belakang catridge menggunakan Tisu halus akan tetapi usahakan membersihkannya dengan hati-hati.

3. Melakukan Head Cleaning (pembersihan bagian cetak)

Melakukan Head Cleaning
Melakukan Head Cleaning
 
Head Cleaning memang sangat kami anjurkan untuk dicoba dibersihkan jika memang hasil cetak anda bergaris atau terputus-putus karena dengan melakukan Nozle Check anda bisa mengetahui hasil cetak normal pada Catridge. Selain itu Head Cleaning pun dapat mengeluarkan atau membersihkan sebagian tinta yang berada di bagian catridge supaya hasil cetak jadi sempurna.

4. Tinta tidak tersalurkan pada catridge
Untuk printer Infus yang sudah dimodifikasi pasti akan alami hal tersebut, dimana tinta yang seharusnya mengalir pada catridge malah tidak lancar karena tinta tidak tersuplay dengan baik menuju catridge printer sehingga hasil cetakan akan bergaris. 

Solusinya:
Jangan telat isi tinta, keluarjan angin dalam selang infus dengan cara yang anda tahu, seperti dengan mencabut bagian selang yang ada di catridge supaya tinta berjalan , menarik tinta menggunakan suntikan , dan menarik tinta dari head catridge menggunakan alat khusus .

5. Masa Catridge yang telah melebihi ambang batas
Untuk catridge Original semuanya memiliki kadar penggunaan atau batasnya sehingga hal ini bisa saja menjadi penyebab dari Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus untuk solusi yang kami sarankan adalah mengganti catridge anda dengan yang terbaru.




Artikel Terkait