Selasa, 18 Juli 2017

Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet Canon, Epson, HP, dan Brother

Walaupun sekarang ini telah serba canggih dengan gadget dan sebagainya, akan tetapi pastinya di dunia digital Printer tidak akan hilang termakan waktu karena masih banyaknya kebutuhan mencetak file, dokumen, sampai foto yang memang mengharuskan menggunakan Printer. Akan tetapi, bagi anda yang berstatus masyarakat biasa atau mahasiswa yang hany mempunyai penghasilan sedikit soal penghematan tinta sangatlah penting diperhatikan. Sehingga, pada artikel kali ini kami akan membahas Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet Canon, Epson, HP, dan Brother dan semua tipe.

Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet Canon, Epson, HP, dan Brother pada dasarnya semua sama dimana anda harus memperhatikan pada masalah pengaturan printer yang akan anda pakai untuk mencetak. Ketika anda memperhatikan hal sepele ini, maka kami pastikan anda akan hemat akan tinta terutama anda yang menggunakan Printer jenis Inkjet yang dikenal lumayan sedikit boros.

Supaya tidak penasaran bagaimana cara menghemat tinta printer Inkjet Canon, cara menghemat tinta printer Inkjet Epson, cara menghemat tinta printer Inkjet HP, cara menghemat tinta printer Inkjet Brother, cara menghemat tinta printer Inkjet Samsung,dan lainnya inilah penjelasannya:

Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet

1. Menggunakan Mode Draft
cara paling mudah supaya hemat tinta adalah dengan menggunakan mode draft atau dalam dunia printer dinamakan fast mode, walaupun kualitas kurang baik amun kami pastikan akan mengirit tinta anda. 
Cara Mode Draft adalah: Pilih Properties >> Printing Shortcut >> Print Quality >> Fast Draft di kotak dialog Print.

2. Menggunakan Jenis Font Yang Hemat Tinta
Kami rekomendasikan anda pilih font hurup yang memang hemat akan tinta seperti bukan bold, tidak banyak karakter, salah satu yang kami rekomendasikan adalah 'Ecofont'.

3. Mengatur Gambar Jadi Lebih Terang (Brightness)
Dengan anda mengatur printer menjadi lebih terang pastinya ketika anda mencetak tidak akan banyak tinta tebal sehingga hal ini akan sedikit membuat tinta anda awet. Dimana gambar warna yang gelap, biasanya akan  membutuhkan lebih banyak tinta saat mencetak.

Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet Canon, Epson, HP, dan Brother
Cara Menghemat Tinta Printer Inkjet Canon, Epson, HP, dan Brother

4. Menyeleksi Bagian Dokumen yang mau Dicetak
Sebelum anda mencetak dokumen silahkan anda edit terlebih dahulu dimana anda harus memperhatikan dengan detail dokumen yang mau anda cetak. Salah satu caranya anda bisa menggunakan opsi Print Selection.

5. Menggunakan Grayscale
Silahkan anda atur printer anda ketika mau mencetak dan sangat kami anjurkan jika ingin hemat tinta anda memakai pengaturan grayscale dimana tinta berwarna akan menjadi Grayscale dengan tujuan agar warna cetakan dari Hitam Solid jadi ke Abu-Abuan.

6. Memakai Print Preview
Ketika anda selesai mengetik dokumen dan mau dicetak, sebaiknya anda menggunakan fasilitas Print Preview dimana Print Preview menjadi cermin dari hasil cetakan anda nantinya, apakah ada yang salah dalam mengetik sehingga tidak perlu anda mencetak 2 kali dan bisa menyesuaikan ukuran halaman kertas.

7. Mencetak 2 Halaman Dalam 1 Lembar Kertas
Cara terakhir Menghemat Tinta Printer Inkjet adalah anda sebaiknya mencetak 2 halaman dalam 1 kertas saja apabila memang dokumen masih muat dalam 1 lembar kertas.

Artikel Terkait