Sabtu, 26 Agustus 2017

Solusi Memperbaiki Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal

Pastinya bagi Anda yang mempunyai printer akan mengalami salah satu gangguan printer yang biasa terjadi yaitu salah satunya hasil cetak printer bergaris vertikal, dimana hal tersebut pastinya akan mengganggu anda karena hasil cetakan sangat tidak bagus dan tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas solusi terbaik bagaimana memperbaiki hasil dari cetakan yang bergaris vertikal tersebut.

Hasil cetak printer bergaris vertikal hal itu disebabkan karena terjadinya masalah pada encoder dimana pada encoder biasanya terdapat tinta yang masih menempel sehingga menutupi baris kode yang ada dalam permukaan nya akibat hal tersebut, printer tidak bisa menghasilkan hasil cetakan yang utuh dan baik dan menimbulkan hasil cetakan bergaris vertikal. 

Baca Juga: 5 Penyebab dan Solusi Hasil Cetak Printer Bergaris dan Putus-Putus

Lalu Bagaimana solusi memperbaiki cetakan vertikal tersebut? Pada artikel kali ini kami akan membahasnya hanya Untuk Anda dan semoga menjadi referensi.

Solusi memperbaiki hasil cetak printer bergaris vertikal


1. Silahkan matikan printer
Ketika anda memperbaiki masalah ini sebaiknya Anda matikan dulu printer, silahkan sabut juga kabel yang menuju ke stop kontak

2. Persiapkan head cleaner dan tisu kering
Cara mengatasi Hasil cetakan printer bergaris vertikal sesungguhnya sangat mudah hal ini dikarenakan enkoder alami kotor sehingga tidak bisa dengan melakukan manual melalui printer, anda harus membersihkannya menggunakan head cleaner dan tisu kering caranya silakan tetesi Tissue kering dengan head cleaner lalu gosok pelan pada catridge anda

Solusi Memperbaiki Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal
Solusi Memperbaiki Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal

3. Bersihkan encoder yang ada tinta
Tetesi Tissue kering dengan Herlina Selanjutnya silakan bersihkan encoder dengan menggunakan tisu tersebut pelan-pelan ketika menggosokkan lakukan dengan perlahan ke kanan dan ke kiri, sampai seluruh noda tinta di encoder hilang.

4. Test printer
Setelah anda melakukan langkah diatas silakan test printer dengan cara mencetak satu dokumen dengan tulisan penuh apabila sudah dirasa baik makalah di atas sudah benar.

Apabila salah di atas masih tidak benar maka solusinya adalah silahkan anda rendam encoder di air yang mendidih, selanjutnya cobalah untuk membersihkan tinta yang menempel dengan menggunakan kuku apabila anda mempunyai kuku yang panjang. Akan tetapi, saat Anda membersihkan harus pelan-pelan saja.

Itulah tutorial solusi Bagaimana cara memperbaiki hasil cetak printer bergaris vertikal. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda dan printer Anda bisa kembali digunakan untuk mencetak dokumen maupun foto.

Artikel Terkait