Senin, 04 September 2017

Cara Mengatasi Driver Printer Tidak Bisa Terinstal di Komputer

Cara Mengatasi Driver Printer Tidak Bisa Terinstal di Komputer | Apabila anda mempunyai printer selanjutnya anda mempunyai keluhan saat driver Anda hilang kalau anda telah mendownload di bedah printer.com, akan tetapi saat di install drivernya malah sistem operasi tidak mau menginstal driver yang anda sudah download lalu bagaimana cara memperbaiki nya?  Ternyata caranya terbilang sangat mudah dan pada pembahasan kali ini kami akan sedikit mengupas masalah cara mengatasi driver printer tidak bisa terinstal di komputer baik window XP Windows 7 sampai Windows 10. 

Cara mengatasi driver printer tidak bisa terinstal di komputer sebetulnya sangat mudah apabila anda mengetahui cara yang tepat untuk memperbaiki nya. Dimana kejadian awal munculnya hal ini pertama kali anda akan mendapatkan sebuah peringatan pada monitor komputer dengan tulisan seperti dibawah ini: 

-Processing, cannot be continued because the Windows.. Print Spooler services has been stopped. Start the print spooler service and then try again- 

Ketika anda mendapatkan peringatan printer driver tidak bisa diinstal maka anda jangan terlebih dahulu panik, akan tetapi silahkan anda mengikuti beberapa langkah karena hal tersebut, pesan yang disampaikan oleh sistem operasi Window apabila komputer anda tidak bisa diinstal driver printer karena ada masalah pada print spooler dimana fungsi print spooler tersebut adalah untuk mendeteksi driver printer milik anda yang pastinya berbeda dengan yang lain. Namun fungsinya print spooler masih tetap sama dimana untuk pengaturan print spooler ini wajib automatis tidak boleh di disable karena ketika sistem menerapkan disable ketika anda instal driver printer maka sistem langsung menolak perintah tersebut, sehingga yang harus anda perbaiki pastinya pada print spooler tersebut. 

Sekedar diketahui print spooler adalah salah satu program yang ada pada sistem operasi Windows yang fungsinya untuk mengelola semua pekerjaan yang ada hubungannya dengan proses cetak yang dikirimkan menuju ke komputer anda. Secara sederhana print spooler yaitu program penghubung supaya perintah bisa berinteraksi dengan komputer maupun laptop anda, sehingga jangan sampai print spooler ini dalam pengaturannya menjadi disable akan tetapi harus otomatis, supaya Ketika anda menginstal driver printer akan secara langsung otomatis bisa diinstal pada printer. 

Cara mengatasi driver printer tidak bisa terinstal di komputer: 


1. Untuk contoh kali ini saya menggunakan Windows 10 akan tetapi untuk window dibawahnya juga bisa yaitu, silahkan anda Klik Star, atau tekan tombol pencarian lalu Tuliskan: services.msc



2. Setelah jendela service system Windows terbuka lalu anda pilih program paling bawah bernama print spooler


Biasanya apabila driver printer tidak bisa diinstal maka status pada print spooler statusnya disable bukan automatic. 

3. Selanjutnya klik 2 kali print spooler, pilih print spooler properties> pada tab general silakan pilih Startup Type >> pilih automatic, dan klik ok atau Apply. 


4. Terakhir, silakan Anda kembali Lihat pada print spooler dan pada status harus sudah menjadi automatic, dan pekerjaan setting supaya driver bisa diinstal pun telah selesai. 


Selanjutnya setelah anda melakukan 4 langkah di atas biasanya sudah biasa sudah bisa normal, dimana anda bisa mencoba instal driver printer sesuai dengan printer milik anda dan biasanya akan sukses bisa diinstal dan printer anda pun bisa dipakai untuk mencetak dokumen maupun foto. 

Itulah tutorial cara mengatasi driver printer tidak bisa terinstal di komputer yang pastinya caranya mudah gampang dan tidak bertele-tele semoga menjadi referensi bagi anda dan selamat mencoba.

Artikel Terkait