Kamis, 21 Maret 2019

Cara Melakukan Head Cleaning Di Printer Canon

Hallo guys! Jumpa lagi bareng bedahprinter.com jika berbicara head cleaning sudah pasti yang terpikir adalah sebuah mesin cetak atau printer. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tutorial cara head cleaning printer khususnya untuk printer canon dan ini berlaku untuk semua type printer canon, seperti Ip2770, canon Mp280, e400, g2000 dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara cleaning printer canon yang baik dan benar? Cleaning atau dalam bahasa Indonesia pembersihan itu artinya cleaning adalah salah satu aktivitas untuk cara merawat printer yang tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Proses cleaning printer ini biasanya bertujuan untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan yang disebabkan sisa-sisa tinta yang sedikit mengering, sehingga proses keluarnya tinta menjadi lancar.

Cara Melakukan Head Cleaning Di Printer Canon
Cara Melakukan Head Cleaning Di Printer Canon - YTB

Cara Melakukan Head Cleaning di Printer Canon


Sebaiknya proses cleaning ini tidak harus sering dilakukan. Apalagi Printer canon dapat melakukan head cleaning secara otomatis saat Anda matikan atau shut down.

Anda dapat perhatikan saat printer sedang on lalu coba matikan printer dengan menekan tombol off maka printer akan melakukan cleaning atau pembersihan secara otomatis sebelum mati total.

Bagi Anda yang penasaran ingin tahu bagaimana cara head cleaning pada printer canon, tutorial lengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama silahkan Anda klik start menu button lalu pilih menu device & printers
  2. Klik kanan pada icon printer yang Anda maksud lalu pilih printer properties
  3. Klik tab perawatan atau Maintenance
  4. Silahkan klik Cleaning atau jika ingin melaukan pembersihan lebih dalam pilih deep cleaning
  5. Setelah itu silahkan Anda pilih Catridge mana yang ingin dibersihkan semua warna, hitam atau warna lalu klik laksanakan atau Execute
  6. Sekarang silahkan tunggu proses cleaning beberapa detik hingga selesai
  7. Berikutnya silahkan Anda pilih Print checek Patern atau cetak pola pemeriksaan untuk melihat hasilnya, jika telah sesuai dengan kondisi normalnya silahkan Anda klik Exit atau keluar. Namun, jika Anda rasa masih kurang normal silahkan klik cleaning untuk melakukan pembersihan sekali lagi.

Oke guys, Itulah tutorial head cleaning untuk printer canon, selain melakukan cleaning Anda juga dapat melakukan deep cleaning dengan langkah-langkahnya yang hampir sama seperti proses cleaning. Deep cleaning ini cukup efektif untuk mengatasi kondisi catridge yang sudah lemah karena faktor usia dan belum pernah mengganti catridge.

Artikel Terkait